Apa Itu SEO Friendly dan Bagaimana Kriterianya?

Membuat sebuah website tidak hanya disandarkan pada memperbanyak konten dan membagikannya ke segala media. Tentunya harus ada teknik-teknik agar bisa lebih mengoptimalkan situs yang dimiliki. Seperti yang sudah diketahui, bahwa salah satu tekniknya adalah dengan menggunakan SEO. Agar lebih menarik dan optimal, Anda bisa memperkuatnya dengan SEO friendly. Lantas, apa itu SEO friendly?



Apa Itu SEO Friendly?

SEO friendly atau Search Engine optimization friendly adalah sebuah teknik yang bisa diterapkan untuk mengoptimasi website yang Anda miliki secara friendly atau nyaman bagi pengguna. Tak hanya nyaman bagi pengguna atau pengunjung website saja, tapi juga nyaman dan mudah dipahami oleh mesin penelusur

Banyak orang bilang, bahwa website bisa dikatakan sebagai rumah. Tentunya, agar orang lain mau singgah bahkan berlama-lama di rumah Anda, harus nyaman, bukan? Sama halnya dengan SEO friendly. Di mana pendefinisian dari apa itu SEO friendly ini dimaksudkan agar website Anda akan mendapat banyak kunjungan oleh pengguna Google dan mudah juga dalam mengoperasikannya secara sistematis.

Kriteria Website SEO Friendly

Setelah Anda mengetahui apa itu SEO friendly, lalu bagaimana membuat website Anda agar menarik dan dinilai sebagai website yang SEO friendly? Setidaknya, untuk mendapatkan penilaian bahwa situs Anda friendly dan optimal adalah memenuhi beberapa kriteria yang sering menjadi acuan dalam paket jasa SEO dan tak lain adalah sebagai berikut:

- Konten Mudah Diindeks

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah perihal konten. Bagaimana pun konten adalah sebagai suguhan dari tuan rumah. Ketika konten dalam website nyaman dan mudah dalam diindeks tentu akan menarik dan mengundang banyak pengunjung. Untuk itu, buatlah konten yang memang informatif, unik dan menarik. Sebisa mungkin minimalisir typo, gunakan tanda baca yang baik dan diksi yang tepat.

Tak hanya bagi pengunjung, untuk Google sendiri pun agar situs Anda kredibel di mata Google, berikan konten yang mudah diindeks algoritma Google. Seperti dengan pemakaian keywords yang tepat sasaran, kontennya benar dan tidak hoax, hingga menyematkan link atau mengadakan backlinks ke web referensi terpercaya.


- Navigasi dan Desain Situs

Selain konten yang baik dan berkualitas ada juga membuat navigasi yang tepat. Mulailah untuk memperbaiki struktur situs web Anda menggunakan navigasi yang mudah dioperasikan. Selain navigasi, desain web pun harus nyaman dan menarik. Dari mulai warna, layouting yang tepat hingga pemilihan huruf, tata letak dan lain sebagainya.

- Loading Page Website

Dari beberapa hal sebelumnya yang sudah dibahas, ada juga hal lain yang sangat penting agar situs Anda lebih ramah dioptimasi. Seperti yang sudah dijelaskan, pada uraian dasar apa itu SEO friendly di atas, hal ini terkait pada situs yang nyaman. Ketika pengunjung mengakses web Anda lemot, lama dan sulit dalam memuat laman, cenderung membuat pengunjung malah kesal hingga tidak jadi mengunjungi situs Anda.

Untuk itu, kecepatan dalam proses pemuatan situs pun harus diperhatikan. Hal ini bisa diatasi dengan memilih penyedia hosting yang tepat dan setting web yang benar.

- Gunakan Tags

Tentunya tags tidak bisa dipisahkan dari konten dalam sebuah website. Agar memenuhi definisi apa itu SEO friendly yang mudah diindeks, tentu penggunaan tags ini cukup penting. Pada dasarnya, membagi konten ke dalam beberapa bagian (ada heading, sub heading, poin-poin dan sebagainya) tidak hanya untuk memudahkan proses pemahaman konten saja.

Rupanya, pengadaan tags dan pembagian konten ini pun bertujuan mewujudkan situs dan konten yang SEO friendly. Maka, perhatikan jugalah beberapa bagiannya dari mulai heading 1 yang menjadi judul, heading 2 sebagai sub judul, dan seterusnya.

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu SEO friendly dan kriterianya. Dengan begitu, website yang berkualitas bukan hanya yang muncul pada halaman 1 mesin pencari, namun juga yang user friendly ketika dioperasikan.