Cara Meningkatkan Seo Website Sendiri Dengan Mudah


Wacana JasaMemiliki website yang teroptimasi dan berada di halaman pertama search engine (google, bing, MSN, yahoo, dll) merupakan impian semua orang. Setiap pemilik website saling berburu untuk mendapatkan halaman pertama di search engine dengan menggunakan jasa SEO website yang mengeluarkan biaya cukup mahal. SEO (search engine optimization) merupakan usaha yang biasa digunakan untuk mengoptimasi website dengan mengirimkan keyword hasil analisa/riset kepada google.

Hal yang jarang diketahui oleh pengguna website adalah bahwa sebenarnya SEO bisa dibuat sendiri tanpa menggunakan jasa berbayar, modal utama adalah pengetahuan tentang SEO yang sangat mudah sekali kita temukan di inernet.

WordPress merupakan CMS (content managemen system) yang mudah dijadikan SEO karena WordPress telah fasilitas ini. Jadi jika Anda ingin membuat website SEO maka langkah pertama adalah menggunakan WordPress.

Cara Meningkatkan SEO Website Dengan Mudah

1. Instal plugin SEO.

Langkah pertama untuk cara SEO website mudah adalah menginstal plugin SEO WordPress agar Anda memiliki kontrol penuh dalam mengoptimasi SEO website Anda. Anda dapat menggunakan salah satu dari Yoast SEO atau All In One SEO Pack.

2. Optimalisasi permalink

WordPress sejatinya menghasilkan permalink yang panjang. URL google biasanya memuat judul dan tanggal postingan, semakin pendek URL nya semakin bagus kualitas website nya. Jadi lebih baik dalam URL Anda menggunakan Post Name, misalnya:

Https:// websitekita.com/ tanggal/ judul-postingan ==> https:// websitekita.com/ judul-postingan
Permalink ini dapat Anda ubah di dashboard WordPress dengan mengklik menu settings ==> permalinks ==> Post Name ==> Save Changes.

3. Riset keyword

Untuk cara meningkatkan SEO website yang mudah Anda perlu meriset keyword yang biasa dipertimbangkan google dalam menempatkan website. Maka rise keyword penting untuk mengetahui keyword yang banyak dibutuhkan agar Anda memasukannya ke dalam judul atau badan artikel. Google Keyword Planner atau Ahrefs dapat Anda gunakan sebagai periset keyword.

4. Keyword postingan

Setelah Anda meriset keyword, Anda juga perlu menentuka nkeyword postingan agar website Anda sering dikunjungi. Plugin Yoast SEO akan membantu Anda dalam membuat artikel yang optimal.

5. Title tag

Tentukan title tag yang ingin Anda masukan, lalu masuk ke SEO title di plugin Yoast SEO dan usahakan meletakkan keyword di awal title tag. Contohnya Anda memiliki keyword “kulit halus” maka dalam title Anda “kulit halus dengan masker bengkoang susu”.

Baca: Apa Itu SEO Friendly dan Bagaimana Kriterianya?

6. Meta description

Adalah teks yang muncul di bawah judul di google yang menjelaskan tentang isi artikel secara sekilas. Meta description dapat ditentukan dengan plugin Yoast SEO dan klik Edit Snippet lalu masukkan penjelasan artikel Anda.

7. Keyword

Jika memungkinkan masukkan keyword hasil riset yang akan Anda gunakan di paragraf pertama karena google akan melakukan penyisiran dari paragraf pertama.

8. Https

Banyak sekali website di era ini yang menggunakan https dan terbukti mampu bersaing. Untuk menggunakan https Anda dapat searching di internet tentang cara mendapatkan SSL.

Dengan mengikuti petunjuk di atas, Anda dapat menerapkan cara SEO website mudah sendiri. Yang terpenting adalah sedalam apa Anda memahami seluk beluk SEO website. Selain itu yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Anda harus membuat isi konten yang menarik dan memuaskan konsumen, karena walaupun website Anda sudah teroptimasi, tapi isi konten Anda tidak menarik, SEO akan percuma saja Anda terapkan di website Anda karena website Anda tidak akan dipercaya lagi.