Langkah Membuahkan Uang dengan Jadi Penulis Artikel Terlepas


Kamu suka menulis serta ingin membuahkan uang dari pekerjaan itu? Bila ya, diantara triknya dengan jadi penulis artikel terlepas (freelance writer). Dengan pandangan saya, keinginan (permintaan) mampu layanan tulisan artikel bermutu lumayan tinggi sebab sering blogger yang tidak mempunyai sering waktu untuk menulis atau konsentrasi meningkatkan situsnya ke level selanjutnya.

Bila Kamu baru mengetahui penulis artikel terlepas, jangan cemas. Di artikel ini saya mampu terangkan taktik tepat yang mesti Kamu kerjakan untuk memperoleh uang dengan jadi penulis artikel terlepas. Taktik ini bukanlah teori, tetapi dari pengalaman saya sebagai penulis artikel terlepas dengan 2 tahun paling akhir.

Saya memakai uang yang didapat dari pekerjaan sambilan itu untuk membayar keperluan saya jadi siswa sekolah menengah umum (SMU). Terlihat mempesona, kan?

Silahkan kita mulai…

7 Keuntungan Jadi Penulis Artikel Terlepas 


Sebelum ke taktik, saya jabarkan terlebih dulu kenapa Kamu mesti pilih jadi penulis artikel terlepas. Dengan pandangan saya, minimal ada 7 keuntungan yang mampu Kamu memperoleh.

1. Elastisitas Waktu 


Fakta pertama ialah keleluasaan (elastisitas) waktu. Kamu tidak mampu dikekang waktu hingga dapat kerja sepulangnya kantor, pulang sekolah, sore hari, pagi, larut malam, atau hari libur. Dalam kata lain, waktu kerja ini sesuai dengan sehari-harinya Kamu.

Meski begitu, bukan bermakna Kamu mampu kerja sekehendak hati. Kamu harus memerhatikan tenggat waktu pengiriman artukel yang sudah diputuskan oleh customer. Jadi, pandai–pandailah dengan mengelola waktu serta upayakan kirim tulisan ke customer sebelum tenggat waktu datang.

2. Elastisitas Area 


Selanjutnya, keunggulan jadi penulis artikel terlepas ialah elastisitas area. Tidak ada ketentuan yang mewajibkan Kamu kerja di kantor. Kamu dapat menulis dimana juga, contohnya di ruang terbuka, cafe, lapangan, kamar, perpustakaan, atau hotel.

Pasti, penentuan area ini sesuai dengan kondisi serta kenyamanan Kamu. Jadi contoh, bila Kamu lebih suka ada di ruangan terbuka sebab inspirasi gampang ada, seharusnya menulis saja di area itu.

3. Kenal Blogger serta Pemilik Situs Situs Terkenal 


Dari sisi usaha serta kenalan, jadi penulis terlepas sangat mungkin Kamu untuk kenal beberapa blogger atau pemilik web terkenal. Dengan mengenalnya, pasti Kamu dapat sering belajar dari mereka. Contohnya, langkah manajemen usaha yang pas, manajemen waktu, pengendalian sumber daya usaha, atau serta dapat memperoleh modal dari mereka.

Berdasar buku 101 Young CEO, diantara modal dari usaha ialah modal sosial. Modal sosial (modal kenalan) mampu memberi Kamu satu pertolongan, pengetahuan, atau jalan keluar untuk persoalan usaha yang dipunyai.

4. Kekuatan Penghasilan yang Banyak 


Menulis adalah diantara ketrampilan yang mahal. Bila Kamu mengerjakannya dengan ketertarikan serta serius, Kamu dapat memperoleh beberapa puluh jt rupiah.

Biaya layanan tulisan artikel website Bahasa Jakarta di sekarang sekitar ketika dari Rp 3.000 s.d Rp 6.000 per 100 kata. Biasanya customer mampu pesan minimum artikel dengan 300 kata.

Silahkan kita kalkulasi. Katakanlah, biaya tulisan Kamu Rp 3.000 per 100 kata. Bila ada blogger yang pesan artikel dengan jumlahnya 20 artikel dengan jumlahnya 700 kata per artikel, jadi Kamu mampu memperoleh Rp 420.000 (Rp 3.000 x 700 x 20).

Pikirkan bila dengan satu bulan Kamu mendapatkan 10 pesanan layaknya di atas? Pasti, Rp 4,2 jt dapat Kamu hasilkan.

5. Tidak Mesti Keluar dari Karier Saat ini 


Dengan jadi penulis artikel terlepas, Kamu tidak mesti keluar dari pekerjaan Kamu. Jadi contoh, Kamu seorang pegawai negeri sipil (PNS). Kamu dapat kerjakan artikel pesanan pada malam hari atau sesudah shalat subuh. Pokoknya, Kamu dapat manfaatkan waktu senggang untuk cari uang.

6. Kreatif 


Dengan aktif menulis, Kamu mampu kreatif sebab menulis itu memerlukan kreatifitas. Makin seringkali Kamu menulis, makin kreatif serta bertambah keterampikan menulis Kamu. Dari kreatifitas serta ketrampilan ini, bukan mustahil Kamu mampu jadi penulis terkenal layaknya Andrea Hirata.

Disamping itu, menulis menolong Kamu tunda kepikunan. Kenapa? Sebab otak Kamu mampu terus terasah serta terbiasa.

7. Popularitas 


Pernahkan Kamu dengar nama Imam Al-Ghazali? Mengapa beliau masih populer sampai sekarang? Sebab beliau ialah penulis.

Dengan jadi penulis artikel terlepas, Kamu sedang membuat portofolio kepenulisan Kamu. Bila terus ditingkatkan, bisa saja Kamu mampu jadi penulis terkenal.

Tutorial Jadi Penulis Artikel Terlepas 


Kamu sudah mengetahui kenapa penulis artikel terlepas itu menjanjikan. Sekarang, waktunya Kamu tahu bagaimana triknya jadi penulis artikel yang membuahkan uang. Berikut ini step untuk tahapnya.

1. Punya Tonggak Fundamen Menulis 


Bila dasarnya telah lapuk, pasti ke atasnya pun tidak mampu kuat. Oleh karenanya, menjadi penulis artikel Kamu harus mengerti tonggak fundamen dengan menulis. Apa tonggak fundamen dengan menulis itu? Tonggaknya ialah melihat.

Melihat adalah proses yang mampu mengantar Kamu di dunia inspirasi serta membuat style bahasa dari tulisan kita nanti.

Bila Kamu malas untuk melihat, percayalah, kualitas tulisan tidak mampu bertambah, sehabat apa saja tehnik yang Kamu kerjakan.

Semenjak saya ketika menulis, melihat buku–buku layaknya panduan, motivasi, psikologi, serta usaha ialah sehari-harinya saya. Hasilnya apa? Ide–ide untuk dituliskan tidak henti mengalir. Jadi contoh, artikel ini mempunyai jumlahnya kata lebih dari 1000, semua didapat dengan aktif menulis serta melihat.

2. Asah Ketrampilan Menulis Kamu 


Menjadi penulis andal, Kamu tidak lumayan dengan melihat saja. Tetapi, Kamu harus juga mempertajam ketrampilan menulis Kamu. Mempertajam ketrampilan itu hanya dengan satu langkah, yaitu terus menulis serta menulis.

Dapatkan tema apa yang akan catat, bacalah materi- materi yang terkait dengan tema itu, lantas tulis. Sesudah Kamu menuliskan, editlah supaya artikel Kamu makin bermutu.

Bila Kamu ingin tahu step untuk step menulis artikel bermutu, silahkan dalami e-book yang Kang Yudiono catat yakni Langkah Menulis Posting Bermutu.

3. Kemukakan Tulisan di Rekan Kamu 


Sebelum tawarkan layanan, yang mesti dikerjakan ialah memohon orang lain untuk memandang tulisan Kamu. Bila penilaiannya kurang baik, jangan patah semangat terus berkarya serta benahi tulisan Kamu itu. Janganlah lupa tanyakanlah pada penilai itu apa kekurangan dari tulisan Kamu.

Bila sasarannya ialah blogger, minta pada blogger–blogger senior untuk memandang tulisan Kamu itu. Jika tulisan yang Kamu hasilkan telah ketika berbobot, lanjutlah menjadi seorang blogger terlebih dulu.

4. Buat Website untuk Tulisan Kamu 


Membuat website untuk media promo tulisan adalah satu kewajiban. Sebelum “menjajakan” layanan penulis artikel, seharusnya Kamu membuat website Kamu sendiri, lantas, mengisinya dengan tulisan Kamu sendiri. Apa fungsinya website itu?

Website itu mampu bermanfaat bila calon kustomer atau konsumen Kamu bertanya atau ingin lihat artikel–artikel yang pernah Kamu hasilkan. Bila mereka senang dengan tulisan Kamu, jadi mereka mampu jadikan Kamu jadi penulis.

Bila Kamu belum mengetahui langkah membuat website, silahkan lihat Langkah Membuat Website Gratis di Blogger serta WordPress.

5. Promo di Beberapa Situs 


Step selanjutnya adalah tempat untuk promo layanan tulisan artikel. Ada banyak situs yang lumayan ampuh untuk datangkan kustomer, salah satunya :


  • Komunitas Jual Beli Kaskus 
  • OLX 
  • Group Facebook 



Langkah jualan di situs–situs di atas sangat mudah. Bikinlah portfolio jualan Kamu yang profesional dengan memberi detil kontak yang komplet. Informasikan keunggulan serta keuntungan memakai layanan tulisan artikel Kamu.

6. Buat Daftar Kustomer 


Kenikmatan customer ialah nomor satu. Jikalau Kamu sudah ketika memperoleh pesanan, tulislah pesanan itu dengan komplet, ketika dari nama pemesan, kata kunci (keyword) (keyword), jumlahnya pesanan, serta tenggat waktu.

7. Masih Menjaga Keaslian Tulisan Kamu 


Keaslian serta kualitas dari tulisan ialah hal yang penting dengan tawarkan layanan tulisan artikel. Meskipun pesanan layanan tulisan Kamu sudah sering, jangan sampai sekali–kali untuk memberi artikel hasil copy-paste. Ingat, sekali Kamu melakukan perbuatan manipulasi, integritas Kamu dapat turun mencolok.

8. Meminta Testimoni 


Janganlah lupa meminta testimoni pada kustomer Kamu. Testimoni ini adalah taktik pemasaran yang sangat ampuh sebab dapat tingkatkan keyakinan orang–orang di layanan Kamu.

9. Ketahui dasar-dasar SEO 


Sebab Kamu tawarkan layanan tulisan artikel untuk website, bermakna Kamu harus memahami dengan yang namanya SEO. Kamu tidak harus pelajari beberapa tehnik yang susah, lumayan dalami dasarnya saja terlebih dulu, layaknya analisa keyword serta optimisasi on page. Simak juga 3 Pilar Penting dengan Belajar SEO.

10. Pas Waktu 


Mengirim tulisan tidak pas waktu tanpa ada fakta yang pasti di kustomer Kamu ialah kekeliruan yang fatal. Oleh karenanya, upayakan mengirim artikel minimum 1 hari sebelum tenggat waktu.

Kalau terlambat, contohnya Kamu sakit atau ada musibah, infomasikan hal itu di kustomer. Bila mereka tidak suka, seharusnya kembalikan uang mereka untuk jaga profesionalisme dari diri Kamu.

Jadi penulis artikel terlepas ialah diantara taktik yang dapat Kamu coba untuk membuahkan uang tanpa ada keluar dari pekerjaan Kamu. Taktik ini simpel, tetapi Kamu mesti usaha keras di awalannya. Coba langkah untuk langkah yang telah saya jabarkan di atas saat ini juga. Saya optimis Kamu dapat jadi seorang jasa penulis artikel inggris yang membuahkan uang.

Posting Komentar

0 Komentar